KETIKA ABG BERCINTA


Cinta dan mencintai adalah hal yang menjadi anugrah tiap insan. Dengan cinta, padamnya jiwa menjadi terang. Kuncupnya bunga menjadi mekar. Laksana di surga dan mereguk wangi bunga. Seperti ayam yang berkokok dengan berbunga menyambut pagi. Riuh rendah di sela – sela dedaunan di hutan cemara.

Seorang pecinta menyatakan cinta sesuai dengan pemahamannya akan cinta. Di sini pengejawantahan cinta lebih ke dalam perasaan dan logika. Lebih ke dalam pikiran dan arti cinta dengan gamblang. Tanpa meninggalkan kewajiban – kewajiban cinta. Di sana, ungkapan cinta hanyalah isapan jempol belaka. Seperti yang akan selalu mereguk cinta setiap saat padahal dunia menantangnya untuk berperang. Seperti cukup dengan cinta dia bisa hidup. Seperti cukup dengan cinta dia merubah dunianya. Mengarungi perahu dunia jua seperti hanya cinta yang akan berperan besar.


Cinta menjadi berarti ketika cinta itu tahu kapan dia bercerita, dan kapan dia mengungkapkan serta kapan dia akan memperjuangkan. Dan cinta seorang muda, ABG, selalu labil. Karena dia tak tahu kapan dia berkata cinta, kapan dia mengungkap cinta dan kapan dia berjuang cinta. Dia hanya bisa mengumbar kata – kata romantis wujud dari buncaran hati yang selalu goyang tak pernah terpaku tegas.

Cinta seorang abg manis indah di awal, dan bukan murni rasa sang pecinta. Karena dia hanya cinta nafsu, bukan cinta hati. Cinta seorang abg hanyalah lilin di padang tandu. Cinta seorang abg romantis terlihat kasat mata, tapi lebur karena cintanya hanya cinta di angan. Dan cinta seorang abg membuat tertawa bagi yang melihat, membuat lucu seperti drama di teater kemarin sore.

Sedangkan cinta seorang murni pecinta, dari hati yang tak bisa diukur. Dari hati yang terdalam yang tak bisa untuk dilihat dan diraba, namun hanya dirasakan. Karena cintanya mengenai rasa tetapi tidak melupakan logika. Cintanya tahu kapan bertindak dan bergerak, tahu kapan mengungkap, tahu kapan membuat arti cinta, serta tahu kapan berjuang dan berhenti bergerak. Seorang murni pecinta, logika dan perasaan berjalan beriringan seperti baju yang slalu berpasangan.

Ketika abg bercinta, dunia seperti indah, tapi tidak, karena dia pandai mengolah awal dan tidak bisa memprediksi setelahnya.

Ketika abg bercinta, mengumbar romantis seperti yang lain ngontrak, dan yang lain tak berarti.

Dan ketika abg bercinta, selalu update status dan selalu berkata pada dunia.

Probolinggo, 5 April 2012, 12.01 AM ( ketika melihat abg bercinta di suatu tempat dan suatu masa)

Share:

1 komentar