DAN BUKAN KATA TELANJANG

tatkala aku membisikkan sesuatu padamu
sebentar saja aku merangkainya
dan segera aku katakan padamu
lirih dan semoga membekas dalam sanubarimu yang pernah terkoyak

aku tak tahu dahulu sebab jiwamu buram
yang kutahu darimu, tak pernah kau mengalami kisah yang langsai
hanyalah mengambang seperti awan
dan takkan pernah ia sanggup menurunkan hujan

tapi, sekarang kumulai bisikkan kepadamu
bukanlah kata yang berdandan untukmu
tapi adalah kata yang hadir begitu saja tanpa kuminta
dan aku pastikan, takkan membuatmu tandus di padang panjang
pun akan membuat kisahmu langsai ditandai usainya puisi yang kubuat

kata ini sederhana, pun akan menyebabkan kalimat yang sederhana
sederhana dalam diksi dan sederhana dalam distraksi

takkan kubuat kau jelaga dengan kata-kata
sebab aku mulai menggilaimu dalam musim semi dan musim gugur tahun lalu
dan takkan kuhujani engkau dengan kata-kata indah yang tak bermakna
cukup kubisikkan kembali dan kembali, kata yang tak membuatmu telanjang

aku berjanji dengan jiwaku yang mulai luruh
aku berhasrat padamu tatkala labirin-labirin hatiku terkungkung semu
aku menggigil padamu ketika hujan sudah tak menyirami tanah tandus
aku bersenyawa denganmu, laksana cairan surga yang beberapa orang menganggapnya surga

sekali lagi kubisikkan lirih padamu
aku akan tetap mencintaimu
dengan kata yang takkan pernah telanjang

karena ini bukan kata telanjang

Tags:

Share:

0 komentar